Batu Kerucut jadi Tempat Tinggal Warga Alberobello

Alberobello, Italia (Foto: tourismontheedge)

Alberobello, Italia (Foto: tourismontheedge)

Source for the news comes from: http://travel.okezone.com/read/2013/10/08/544/878638/batu-kerucut-jadi-tempat-tinggal-warga-alberobello

Batu Kerucut jadi Tempat Tinggal Warga Alberobello
Alberobello, Italia

Alberobello adalah tujuan wisata yang aneh sekaligus indah. Kota kecil ini terkenal akan bentuk bangunanannya yang memiliki rumah putih serta atap kerucut dan sering disebut sebagai trulli. Trulli atau Trullo merupakan hunian kecil yang dibangun dari batu kapur. Memiliki karakteristik tembok batu kering dan atap kerucut. Rumah tradisional ini dapat dilihat di sekeliling Puglia. Tak hanya dijadikan tempat tinggal, namun terkadang bangunan ini juga digunakan sebagai gudang perkebunan zaitun.

Dibangun tanpa mortar, bangunan berbentuk persegi ini memiliki dinding batu yang sangat tebal. Kegiatan wisata yang dilakukan di daerah ini adalah berkeliling melihat trulli. Tak hanya itu, terdapat pula museum kecil serta toko souvenir dari kitsch serta mencicipi karya alami penduduk sekitar. Daerah Alberobello sebagian besar terdiri dari bangunan dengan jalan-jalan kecil khas kota Italia dengan trulli terselip diantaranya. Setidaknya terdapat dua wilayah dengan jajaran trulli di hampir keseluruhan daerah.

Alberobello merupakan kota kecil berpenduduk 11.000 jiwa di Propinsi Baru, Puglia, Italia Selatan. Terkenal di abad 14 membuat daerah ini menjadi salah satu situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996. Kini, sebagian besar bangunan tersebut ada yang digunakan sebagai akomodasi atau tempat pertemuan seperti restoran atau kafe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s