Helm Ini Bukan untuk Naik Motor, Tapi Menumbuhkan Lagi Rambut yang Botak

img 

Source for the news comes from: http://wolipop.detik.com/read/2013/10/09/081734/2381967/860/helm-ini-bukan-untuk-naik-motor-tapi-menumbuhkan-lagi-rambut-yang-botak?w991100most

Jakarta – Kebotakan rambut, terutama di usia yang belum menua bisa mengganggu penampilan. Berbagai metode pun diciptakan untuk mengatasinya. Mulai dari penggunaan shampo dan kondisioner, serum, hair mask, suntik obat sampai implan rambut.

Semakin majunya teknologi, metodenya pun makin canggih. Telah diciptakan helm high-tech yang diklaim bisa membantu menumbuhkan rambut dengan bantuan laser. iGrow Hair Growth System, adalah nama helm tersebut. Menggunakan terapi laser tingkat rendah (LLLT) dan lampu LED, iGrow mampu meregenerasi dan menguatkan sel-sel pada folikel rambut.

Helm ini juga diklaim bisa menumbuhkan kembali rambut pada orang yang mengalami penipisan rambut, kebotakan akibat faktor keturunan, dan faktor-faktor lain penyebab rambut rontok. iGrow harus dipakai tak lebih dari 25 menit setiap hari. Helm canggih ini telah dilengkapi dengan headphone, buil-in iPod dan MP3 yang bisa didengarkan selama memakainya.

Meskipun berteknologi canggih, hasilnya tidak bisa didapatkan secara instan. Seperti dikutip dari Daily Mail, rata-rata orang yang menggunakan iGrow kebotakan rambutnya akan berkurang setelah enam hingga delapan minggu pemakaian. Hasil yang optimal bisa terlihat setelah sembilan bulan. Alat ini juga diklaim tidak memiliki efek samping dan dijual dengan harga 665 Poundsterling atau sekitar Rp 12 jutaan.

Benarkah iGrow efektif menumbuhkan kembali rambut yang rontok atau botak? Dr Thomy Kouremada-Zioga, seorang ahli bedah spesialis transplantasi rambut di THe Private Clinic of Harley Street memberikan pendapatnya.

Ia mengatakan, LLLT merupakan perawatan menggunakan terapi cahaya yang cenderung aman dan telah lama dikenal sebagai resolusi yang potensial untuk mengatasi kerontokan rambut akibat faktor genetik pada pada pria dan wanita. “Alat ini ditujukan untuk pria dan wanita yang mengalami penipisan rambut atau botak sebagian yang disebabkan oleh keturunan, tapi bukan karena faktor lain,” ujar Dr Thomy.

Dia juga menambahkan, teknologi ini (penggunaan laser) sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Tapi sudah ada sejak beberapa tahun lalu hanya saja bentuknya berbeda, tidak dalam bentuk helm. Dr Thomy pernah menyarankan pada beberapa pasiennya untuk menggunakan sisir laser yang cara kerjanya mirip dengan iGrow. Yaitu dengan teknologi LLLT hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil.

“Dari beberapa pasien yang menggunakan sistem ini, saya melihat ada hasil yang positif ketika dikombinasikan dengan produk lain yang menstimulasi pertumbuhan rambut,” katanya.

Tapi Dr Thomy mengingatkan, alat ini sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya solusi untuk mengatasi kebotakan rambut. Terlebih lagi jika ingin digunakan dalam jangka panjang. Sebab meskipun rambut yang tipis bisa terlihat lebih tebal dan sehat, pertumbuhan rambut tidak akan setara dengan ketika rambut masih tumbuh normal. Menurutnya, sebelum membeli alat ini, sangat penting untuk memahami apa penyebab sebenarnya dari kerontokan dan kebotakan rambut. Untuk itu diperlukan konsultasi dokter kulit terlebih dahulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s