Saat Perut Kembung, Konsumsilah Nasi, Pisang, atau Yogurt.

news-yogurt_banana_1

(Photo: Courtesy of italianfoodnet.com)

Source for the news comes: http://food.detik.com/read/2014/11/03/094141/2736947/900/saat-perut-kembung-konsumsilah-nasi-pisang-atau-yogurt?d992202284

Jakarta – Perut kembung tidak selalu karena banyaknya gas dalam perut. Namun, ketika tubuh mengatur gas yang ada dalam perut, saat itulah perut akan kembung. Karenanya perlu konsumsi makanan yang tepat.

Menurut Dr. Oz perut kembung bisa diatasi dengan makanan yang enak dan mudah dicerna ini:

1. Nasi

Makanan yang kaya akan karbohidrat memang menjadi menu utama. Nasi, kentang, gandum, jagung, dan lainnya merupakan sumber karbohidrat  yang baik. Namun jika  mengalami kembung, lebih baik konsumsi nasi saja. Nasi kaya akan karbohidrat ini mudah dicerna usus. Nasi juga tidak membuat penumpukan gas di perut yang biasa ditimbulkan oleh makanan berkabohidrat lainnya.

2. Pisang

Perut kembung tidak hanya disebabkan oleh gas dalam perut saja. Kandungan sodium yang berlebih juga bisa memicu kembung. Untuk menetralisir sodium yang berlebih itu, konsumsilah makanan yang mengandung potasium. Kadar sodium dan potasium haruslah seimbang. Makanlah buah pisang yang kaya akan potasium.

3. Yogurt

Yogurt memang bisa dijadikan obat kembung. Pilihlah yogurt yang tepat. Mengonsumsi yogurt diolah dengan baik bisa meningkatkan bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium. Kedua jenis bakteri ini baik untuk sistem pencernaan Anda dan mengatasi perut kembung. Pilihlah yogurt yang rendah lemak dan rasanya tawar. Jika ingin rasa manis pada yogurt, tambahkan campuran buah segar akan lebih baik dibanding membeli yogurt yang berperisa.

4. Teh herbal

Menurut penelitian dari University’s Nerve-Gut Research Laboratory, manfaat zat peppermint berguna bagi usus dan menghindari peradangan usus. Cobalah konsumsi teh herbal yang mengandung peppermint. Peppermint membantu pencernaan normal kembali.

5. Mentimun

Sayuran yang tinggi akan kadar air dan rendah serat ini akan memperlancar buang air kecil sehingga perut Anda akan terasa lega. Makanlah mentimun saat perut mulai kembung.

6. Pepaya

Penelitian di tahun 2009 mengungkap jika pepaya mentah mengandung zat yang terdapat dalam susu yaitu papain. Dalam pepaya matang bisa berfungsi sebagai obat pencahar yang membuat pergerakan di dalam usus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s